Monday, December 5, 2011

KUPAT TAHU & GADO GADO GUNUNG LUMBUNG

KUPAT TAHU & GADO GADO GUNUNG LUMBUNG Sang Legenda Rasa Kota Garut

Kuliner di Kota Intan Garut? Jangan lewatkan untuk menikmati lezatnya Kupat Tahu atau Gado Gado di warung Gunung Lumbung jalan Ciledug – Gunung Lumbung. Gerai makanan yang menggoda selera ini, telah ada sejak 70an dengan perintisnya (alm) Mamah Ida, warga Gunung Lumbung Garut.

Kini warung berukuran lebar 1,5 meter x 10 meter-an, persis di gerbang masuk kampong Gunung Lumbung ini, tak pernah sepi pelanggan dan penikmat kuliner. Antrean pengunjung mulai memadati warung ini mulai jam 8 pagi pada hari itu, adalah bukti betapa hidangan ala Mamih Ida itu mendapat tempat bagi warga Garut utamanya.


Lalu seberapa banyak bahan yang dibutuhkan untuk menghidangkan Kupat Tahu atau Gado Gado yang lezat itu? Setiap harinya, dibutuhkan tahu besar sebanyak 500 petak yang dibeli khusus dari perusahaan tahu giok di Ciwalen Garut. Ketupatnya, membutuhkan 150 cangkang atau sekitar 15 kg beras sebagai pengisinya. Sedang bumbunya adalah kacang tanah, 15 kg perhari. Untuk sayuran yang dibutuhkan tauge 15 kg, ketimun 3-4 kg, kol sekitar 10 kg. telor asin 50 butir/perhari.

Sebanyak itukah? Habis-kah. Jelas setiap hari, 400 porsi lebih terjual. Kapan menyiapkan masaknya? Setiap saat pada pagi dan malam hari, agar tidak pernah terhenti, atau menolak pembeli. Rata rata mereka menjadi pelanggan dan penikmat kupat tahu karena kelezatan bumbu kacangnya.


Siapa saja orang terkenal yang pernah mampir ke warung ini? Tercatat diantaranya adalah Evie Tamala, Gita KDI, Donny Kesuma bahkan pejabat di pemkab Garut, tentu taka sing lagi dengan hidangan ini.

Kini warung ini dikelola oleh Teh Tutin Sumartini putri Mamah Ida. Jangan kaget juga jiak seluruh saudara Bu Tutin, membuka warung yang sama hampir diseluruh pelosok Garut.

No comments: