Tuesday, May 4, 2010

AYAM BAKAR BU ANI



AYAM BAKAR BU ANI

Dari Jatiluhur untuk kuliner Indonesia


Rasanya tak disangkal jika akhir akhir ini nama Jatiluhur begitu populernya, menjadi pemberitaan di berbagai media. Bendungan Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta, beberapa waktu lalu diisyukan akan jebol, akibat debit air nya yang terus naik akibat pasokan dari sungai Citarum terus bertambah. Faktanya, Bendungan yang dibangun tahun 1957 pada masa pemerintahan Bung Karno itu dan dioperasikan mulai tahun 1967 itu pemanfaatan utamanya mula-mula untuk pembangkit tenaga listrik, dan akhirnya diingrasikan untuk pemanfaatan segala keperluan sektor-sektor yang menyangkut air, hingga kini masih kokoh berdiri. Hanya memang, kini pemerintah nampaknya kuwalahan mengantisipasi jika terjadi luapan air yang berlebih, berdampak pada banjir yang terus akan mengancam wilayah Karawang dan Bekasi.



Namun, kali ini saya tidak akan menuliskan mengenai Bendungan Jatiluhur. Hanya sebuah rumah makan di jalan raya Jatiluhur yang begitu mempesona selera makan. Namanya Rumah makan Bu Ani. Apa istimewanya? Ayam Bakar dan Sambelnya.


Menurut si empunya warung, Rumah Makan Bu Ani berdiri pada tahun 90an dengan menu utama ayam bakar kampung. Ayam yang disajikan adalah ayam kampung asli muda. Dengan system pembakaran ala tradisional menggunakan bara areng. Arengnya juga berbahan kayu semboja, yang baranya harum dan tidak mengandung abu bakar. Ayam bakar yang siap saji itu utuh seharga limapuluh ribu, berikut sambal dadakan dan lalapannya yang segar.




Bicara sambal dadakan, memang di wilayah Purwakarta ada beberapa warung makan yang menyajikan sambel serupa. Hanya sambel dadakan ala Bu Ani, terasa lebih fresh dengan pedas dan panas yang terukur, sehingga usai makan tidak berdampak pada pencernakan yang menyantapnya. Menggunakan cabe kecil hijau dan merah segar, plus tomat setengah matang, bawang dan sedikit terasi, sungguh sebuah sajian yang istimewa khas Indonesia.


Pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan menu utama ayam bakar dan sambal dadakn. Masih tersedia aneka pepes, mulai jamur,ayam,teri,ikan,oncom,tahu dll. Juga tersedia ikan goreng kecil kecil dari bendungan Jatiluhur. Bagian terakhir untuk menyempurnakan wisata kuliner di Bu Ani adalah kelapa muda plus gula aren. Dijamin, semuanya Made in Indonesia.



No comments: